Sabtu, 02 November 2013

KORUPSI >< ETIKA BISNIS


1.    Teori
Korupsi adalah tindakan melawan hukum demi untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonoman negara dengan menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.
Hubungan etika bisnis dengan korupsi yaitu dimana dalam Korupsi menurut buku kecil yang ditertibkan KPK Mengenali & Memberantas Korupsi sebenarnya tidak beda jauh dengan pencurian dan penggelapan.

2.    Kasus/Artikel
.
Apa itu korupsi,etika bisnis dan hubungannya serta contoh kasusnya.

3.    Analisis

Korupsi adalah tindakan melawan hukum demi untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonoman negara dengan menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. Dan hukumannya adalah kurungan penjara atau denda.
Etika bisnis merupakan suatu ajaran untuk membedakan antara salah dan benar guna memberikan pembekalan kepada setiap pemimpin perusahaan ketika mempertimbangkan untuk mengambil keputusan strategis yang terkait dengan masalah moral yang kompleks.
Hubungan antara keduanya adalah korupsi adalah tindakan yang bertolak belakang dengan etika bisnis, karena etika bisnis mengajarkan untuk melakukan bisnis dengan jujur namun korupsi tidak jujur.!
Contoh korupsi, dinegara ini sudah banyak contoh kasussnya salah satunya adalah kasus yang terjadi dijabar dalam pnyalahgunaan APBD Jabar., berikut ulasanya
ketika terjadi Korupsi besar yang melibatkan orang nomor satu yaitu Gubernur Danny Setiawan dalam pengadaan Mobil Pemadam Kebakaran dan alat berat. Sehingga ia harus mendekam di Penjara 4,5 tahun .
Korupsi di Gedung sate tersebut, bukan satu-satunya kasus korupsi di Bumi yang penduduknya sangat memegang teguh budaya . Masih ada 2.768 kasus yang sudah dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi KPK . Tentunya tidak semua memenuhi bukti-bukti sehingga bisa dikatagorikan Korupsi . Tetapi setidaknya itulah gambaran hingar bingarnya kasus yang disoroti rakyat .
Sudah banyak kasus yang diselesaikan yang sebagian melibatkan pejabat Propinsi , sejumlah Bupati , kalangan DPRD , pengusaha bahkan organisasi sosial . Contoh kecil untuk bantuan sosial saja ada 78 kasus dengan 17 tersangka . Sebabnya adanya peluang karena tidak diawasi ketat . Gubernur Ahmad Heryawan sendiri mengakui jika tidak adanya pengawasan yang ketat sebagai penyebab Korupsi dana Bantuan sosial . Itu baru contoh kecil , bagaimana dengan dana besar yang jumlahnya trilyunan rupiah .
Wakil Ketua KPK M.Yasin mencoba merinci ribuan kasus korupsi yang masuk ke KPK . Diluar dugaan , ternyata Kota Bandung yang paling menonol .Sejak tahiun 2004 sampai 2009 ini menurut catatan KPK terdapat 697 kasus korupsi yang diterima KPK . Khusus tahun 2009 sampai sekarang sudah masuk 64 kasus korupsi dari Bandung . Tentunya semua kasus korupsi yang dilaporkan ke KPK tidak mungkin ditangani sendiri oleh KPK , sehingga sebagian disalurkan  ke Polisi , Kejaksaan dan ada juga laporan yang disalurkan ke Lembaga Pengawasan seperti BPKP dan Inspektorat Jenderal . Sebagian kasus korupsi itu menyangkut dana APBD , baik ditingkat Propinsi maupun di Kota/ Kabupaten . Penyalah gunaan  dana APBD seperti yang terjadi di beberapa Kabupaten langsung melibatkan Bupati sebab dialah yang paling mememiliki wewenang didalam penggunaan dana tersebut

4.      Referensi

http://infosketsa.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1357:kasus-korupsi-di-jabar-memilukan&catid=45:berita-utama&Itemid=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar